Bustas – Website Jasa Design Grafis Online Indonesia

bustas.info – Website Jasa Design Grafis Online di Indonesia yang keren dan modern

Desain Logo Terkenal di Dunia Dengan Harga Termurah

Desain Logo Terkenal di Dunia Dengan Harga Termurah – Sebuah perusahaan besar dan terkenal sudah selayaknya menggunakan banyak uang untuk mendapatkan sebuah desain logo yang cocok dengan visi dan misi perusahaan tersebut,  dan mungkin saja semua orang juga memahami desain logo itu sebetulnya perlu mahal. Namun, kadang perusahaan yang besar termasuk terlalu beruntung bisa mempunyai desain logo mereka hampir secara gratis atau bahkan benar-benar gratis. Anda bakal takjub dan hampir tidak yakin saat memahami beberapa logo perusahaan tenar di dunia yang membayar logo mereka dengan harga yang terlalu murah.

Logo adalah komponen mutlak dan juga identitas yan akan dipakai seterusnya. Ketika Anda menyaksikan logo ‘centang’ maka yang teringat adalah brand Nike bukan? Begitu besarnya efek dari desain ini agar perusahaan senang mengeluarkan uang dengan jumlah yang menakjubkan agar mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

Tapi ternyata, ada juga cerita seru di balik beberapa logo dari brand dan produk terkenal yang tersedia di kurang lebih kita. Ada logo yang harganya mencapai puluhan miliar rupiah atau bahkan gratis dengan kata lain tidak bayar sama sekali. Wow, penasaran dengan harga-harga mengejutkan dan fakta tak terduga di balik identitas brand beberapa produk di bawah ini? Check these out:

1. Coca-Cola ($0)

Logonya gratis alias tidak bayar samasekali. Kalau Pepsi membayar 13 Miliar rupiah untuk logo barunya, maka Coca Cola mungkin hanya bayar ‘terimakasih’ pada sang pembuat logo. Logo Coca-Cola diciptakan sejak 1886 oleh Frank M. Robinson, mitra dan akuntan John S. Pemberton, pendiri perusahaan. Frank M. Robinson bereksperimen dengan tulisan untuk membuat logo yang unik seperi kaligrafi, dia juga yang menyarankan nama Coca-Cola. Hingga saat ini logo Coca-Cola sudah beberapa kali mengalami perubahan, namun desain klasikya masih dipertahankan hingga hampir 130 tahun.

Desain Logo Terkenal di Dunia Dengan Harga Termurah

2. Microsoft ($0)

Logo Microsoft telah diperbaharui saat tahun 2012 dan logo perusahaan teknologi raksasa ini tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk merubah logo, sebab mereka gunakan tim yang ada di didalam perusahaan mereka untuk meperbaharui logo.

3. Google ($0)

Logo Google yang terkenal dengan ciri khas warna-warninya ini sudah mengalami perubahan beberapa kali, namun konsep utamanya tetap dipertahankan. Logo pertama Google dibuat oleh Sergey Brin, salah satu pendiri Google pada tahun 1998 dengan menggunakan GIMP, sebuah program editing desain grafis yang gratis.

4. Nike ($35)

Logo ikonik dan ternama seperti Nike ini hanya menghabiskan biaya $35 saja. Pada tahun 1971 Phil Knight pendiri Nike, membeli logo ini dari Carolyn Davidson seorang mahasiswa desain grafis di Portland State University. Pada tahun 1983 Phil Knight memberikan cincin berlian dengan ukiran Nike Swoosh dan juga sejumlah saham perusahaan Nike kepada Carolyn Davidson sang desainer sebagai penghargaan atas karyanya.

5. Twitter ($15)

Melihat logo dengan burung berwarna biru, langsung bisa ditebak yaitu, Twitter! ya, sarana microblogging yang dibikin oleh Jack Dorsey ini memang masih fenomenal sampai hari ini, sejalan dengan Facebook dan Path. Burung yang lucu ini bukan hasil karya desainer dengan harga mahal. Jack Dorsey, dimana dengan ‘santainya’ ia hanya membeli gambar.

Logo tersebut ‘Hanya’ Beli di Stok Foto dengan harga 250 ribu Rupiah. Hak cipta logo ini dibeli oleh Twitter di sebuah marketplace iStockphoto hanya dengan harga $15 saja. Sedangkan pembuat logonya Simon Oxley hanya menerima sekitar $6 untuk karya desainnya tersebut karena di iStockphoto sistemnya adalah bagi hasil.

Desain Logo Terkenal di Dunia Dengan Harga Termurah

6. Pepsi, Logo Seharga 1 Juta Dollar Amerika

Mungkin di negara Indonesia, nama Pepsi Cola tidak sepopular Coca Cola. Akantetapi dengan warna biru dan logonya, pasti langsung mengingatkan kita pada botol berisi minuman soda ini bukan? Pada tahun 2006, produk ini mengganti logo lamanya dengan yang baru, seharga 1 juta dollar Amerika atau sekitar 13 Miliar rupiah.

Wah kok mahal amat? Jangan salah, walau terlihat sederhana tapi filosofi yang ada di dalamnyalah yang membuat logo ini menjadi bermakna. Agar bisa terus mempertahankan trademark nya, Pepsi telah menuntut 2 perusahaan lain yang turut ‘mencoba’ membuat logo yang mirip dengan miliknya.

7. ANZ Bank

Sebagai sebuah bank yang terbesar di area Australia dan Selandia Baru, Australia and New Zealand Banking Group alias ANZ memang tidak mau main-main soal branding. Betul saja, ketika melihat logo seperti kepala dan tangan manusia yang ceria, bisa langsung teringat dengan bank satu ini. Anda penasaran dengan harganya?

Bersiaplah unutk terkejut ya, 15.000.000$ atau Rp. 193.657.500.000,- . Wow sungguh fantastis! Akantetapi untuk ukuran logo yang menginterpretasikan bahwa ANZ adalah bank yang akan bersatu dan tumbuh bersama pelanggannya, mungkin harga ini sudah sesuai. Well, bisa dibayangkan dong desainernya pasti happy banget karena logo buatannya dibayar dengan sangat mahal.

8. Stasiun Televisi BBC, 25 Miliar Hanya Untuk Desain Ulang Logonya

Jika logo perusahaan lain itu benar-benar baru dan berbeda dari sebelumnya, maka berbeda dengan British Broadcasting Corporation dibentuk tahun 1927 atau yang biasa disingkat BBC. Stasiun televisi dari Inggris ini rela menggelontorkan dana senilai 25 miliar rupiah di tahun 1997 untuk desain ulang logonya. Kira-kira andaikan baju, BBC membayar super mahal ‘hanya’ untuk mempermaknya saja.

Nah apa bedanya logo yang sebelumnya dan yang sekarang? Menurut BBC, logo yang sebelumnya kurang presisi dan juga ada problem untuk diaplikasikan ke berbagai plafon sekiranya untuk surat menyurat, dimasukkan ke dalam website dan masih banyak lagi. Well, ada harga untuk suatu kesempurnaan bukan?

9. Symantec, Ganti Logo Pasca Diakuisisi

Perusahaan software yang bagus tidak hanya fokus pada kualitas product tapi juga trademark dan logonya. Contohnya saja Apple dan Windows, tidak harus membaca nama mereknya tapi kita tentu udah dapat menebak itu logo product apa. Nah Symantec juga dambakan perihal yang sama.

Tahun 2010, Symantec yang mengakuisisi perusahaan lain yakni Verisign sebabkan logo baru yang eyecatching dan enteng diingat. Logo dengan harga 20 miliar rupiah ini menginterpretasikan Symantec dan Verisign jadi satu. Menurut mereka, ini adalah pembelian logo termahal yang dulu mereka lakukan.

10. NeXT, Produk Komputer Kebanggaan Steve Jobs Selain Apple.

Tahun 1986, Steve Jobs sang pendiri Apple Inc. punya ‘anak baru’ yakni NeXT computer sesudah tahun 1985 didepak dari Apple. Tidak berkenan main-main, tahun segitu ia sudah membeli logo untuk ‘bayi’ nya ini seharga 1 miliar rupiah. Angka yang equal dengan 10 miliar waktu ini. Tren permainan rubik di zaman itu rupanya menginspirasi untuk menyebabkan logo dengan wujud kubus dan 3 dimensi.

Lalu siapa yang membuat hasil karya ini? Ia adalah Paul Rand, yang juga mendesain logo untuk IBM, UPS, Enron, Morningstar, Inc., Westinghouse, serta stasiun televisi ABC. Begitu detail Paul dan Jobs sampai logo ini memiliki kemiringan yang konsisten yaitu 28 derajat.